Sabtu, 10 November 2012

DATABASE

Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan,yang di atur secara logis,yang di bangun dan di rancang untuk tujuan khusus.(using information technologi edisi 7 by william/sawyer).
adalah unit terkecil yang tersimpan di dalam komputer dalam sebuah database-di wakili dengan 0 untuk mati(off) dan 1 untuk hidup(on)
HIRARKI DATA
1. BIT atau biasa disebut karakter adalah sebuah huruf, angka , atau karakter khusus. A,B,C,1,2,3,#,$,% adalah contoh dari karakter tunggal.gabungan beberapa bit akan membentuk sebuah karakter.

2.BYTE adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter(byte). field merupakan unit terkecil dari informasi berharga di dalam database.

3. FIELD adalah kumpulan field yang berhubungan. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa berupa orang, tempat, peristiwa, atau sebuah gejala.

4. RECORD merupakan kumpulan record yang berhubungan. contoh sebuah file adalah data tentang siapa saja yang bekerja di departemen yang sama dalam sebuah perusahaan, termasuk nama, alamat, dan nomor jaminan sosial.
5. FILE merupakan kumpulan record yang berhubungan. contoh sebuah file adalah data tentang siapa saja yang bekerja di departemen yang sama dalam sebuah perusahaan, termasuk nama, alamat, dan nomor jaminan sosial.
 
PENYIMPANAN SEKUNDER
Metode penyimpanan terdiri dari 2 ,yaitu penyimpanan berurutan dan penyimpanan akses langsung: 
1. Penyimpanan berurutan, adalah suatu organisasi atau penyususunan data di suatumedium penyimpanan yang terdiri dari satu record mengikuti satu record lain dalam suatu urutan tertentu.. sebagian media penyimpanan komputer hanya dapat memproses data yang disusun secara berurutan. Contohnya yaitu Pita magnetic.

2. Penyimpanan akses langsung (direct access strorage). Adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan record-record ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. DASD (direct access strorage device), unit perangkat keras yang memungkinkan penyimpanan secara akses langsung , alat ini memiliki mekanisme membaca dan menulis langsung yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam medium penyimpanan, piringan magnetik, floopy disk , hard disk dan compact disk.
PEMROSESAN DATA
Ada tiga cara dalam mengolah data. Pengolahan batch, pengolahan on-line serta sistem real time. 
1. Pengolahan batch mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus.
Pengolahan Batch dapat dilaksanakan dengan menggunakan media penyimpanan berurutan atau akses langsung. Kelemahan sistem ini adalah kenyataan bahwa file baru menjadi mutakir setelah dilakukan siklus harian. Ini berarti manajemen tidak selalu memiliki informasi paling mutakir yang menggambarkan sistem fisik.
2. Pengolahan on-line mencakup pengolahan transaksi satu persatu. Pengolahan on-line memerlukan akses langsung, dikembangkanuntuk mengatasi file yang ketinggalan jaman. Terobosan teknologi yang memungkinkan pengolahan on-line adalah penyimpanan piringan magnetik.
3. Sistem real-time adalah suatu sistem yang mengendalikan sistim fisik. Sistem ini mengharuskan komputer merespons dengan cepat pada status sistem fisik. Istilah realtime digunakan untuk menggambarkan sistem on-line yang bereaksi pada kegiatan sistem fisik secara cukup cepat sehingga dapat mengendalikan sistem itu. Sistem ini adalah bentuk khusus dari sistem on-line yang diperluas kemampuannya dengan menggunakan sumber daya konseptual untuk menentukan operasi dari sistem fisik. 
DATABASE
  • KONSEP DATABASE
     Database adalah suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dengan suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali. Integrasi lagis dari record-record dalam banyak file ini disebut konsep database yang bertujuan untuk meminimumkan pengulangan data (duplikasi data artinya data yang sama disimpan dalam beberapa file) dan mencapai independensi data (kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data).
  • Bentuk Data Base
  - Hierarchical DataBase
Biasa digunakan untuk jaringan komunikasi data yang berupa hierarchi/tree. Dasar hierarchi Data base berusaha untuk menggambar realita dalam sebuah organisasi kebentuk data komputer.
  - Network DataBase
Network DB dibuat karena jaringan komunikasi memiliki topology Mesh, shg membutuhkan bentuk ini. Network Data Base memiliki struktur file yang sama, sehingga file yang satu dapat mengetahui / mendapatkan informasi file yang lain dengan benar.
  - Relational DataBase
Bentuk DB yang paking Fleksibel dan terbuka. Biasanya digunakan pada local saja.

  • Keunggulan dan kelemahan database dan DBMS
Sistem manajemen basis data (Bahasa Inggris: database management system, DBMS), atau kadang disingkat SMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
DBMS DAN KEUNTUNGANNYA
Secara umum DBMS diartikan sebagai suatu program komputer ang digunakan untuk memasukan, mengubah, menghapus, memanipulasi, dan memperoleh data / informasi dengan praktis dan efisien.
Keunggulan DBMS :
  •   Kepraktisan.
  •   Kecepatan.
  •   Mengurangi kejemuan.
  •   Kekinian.
Komponen utama DBMS dapat dibagi menjadi empat macam :
  •   Perangkat keras.
  •   Data, Data dalam basis data mempunyai sifat terpadu (integrated) dan berbagi (shared).
  •   Perangkat Lunak.
  •   Pengguna.

PERANAN DATABASE DAN DBMS DALAM MEMECAHKAN MASALAH

Data Base Managemen Sistem (DBMS) memungkinkan untuk menciptakan database dalam penyimpanan akses langsung komputer, memelihara isinya dan menyediakan isis tersebut bagi pemakai tanpa pemrograman khusus yangmahal.

Ketika perusahaan atau pemakai individu memutuskan apakah akan menggunakan suatu DBMS, keuntungan dan kerugiannya harus dipertimbangkan :

Keuntungan DBMS
  •   Mengurangi pengulangan data
  •   Mencapai independensi data
  •   Mengintegrasikan data dari beberapa file
  •   Mengambil data dan informasi secara cepat
  •   Meningkatkan keamanan

Kerugian DBMS
  •   Memperoleh perangkat lunak mahal
  •   Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar
  •   Mempekerjakan dan mempertahankan dtaf DBS
http://shantiwidyakusuma.blogspot.com/2010/11/penjelasan-data-dan-peranan-database.html
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar